Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Selasa, 03 Januari 2017

Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri-ciri dan Pengembanganya

Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri-ciri dan Pengembanganya - Pembahasan materi kelas untuk kali ini masih seputar paragraf. Jika kemarin kalian sudah kami berikan materi mengenai pengertian paragraf dan jenis-jenis paragraf, maka untuk kesempatan kali ini akan kami sampaikan materi tentang pengertian paragraf deskripsi. Paragraf deskirpsi adalah salah satu paragraf yang kerap kita jumpai dalam berbagai tulisan.

Pengertian Paragraf Deskripsi
Pengertian Paragraf Deskripsi

1. Pengertian Paragraf Deskripsi

Pengertian paragraf deskripsi sendiri adalah sebuah paragraf yang menggambarkan suatu objek tertentu secara mendetail dan jelas. Penggambaran ini menggunakan kata-kata yang bisa membuat pembaca seolah-olah melihat objek tersebut dengan mata kepala sendiri. Sehingga pembaca bisa dengan jelas memahami informasi mengenai objek yang sedang dijelaskan melalui paragraf deskripsi.

2. Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi memiliki ciri-ciri yang spesifik dan bisa kita jadikan sebagai sebuah patokan. Diantara ciri-ciri paragraf deskripsi tersebut adalah :

- Paragraf deskripsi selalu menggambarkan suatu objek tertentu, bisa benda, tempat, suasana dan lainnya
- Paragraf deskripsi melibatkan panca indera manusia seperti pendengaran, penciuman dan indera yang lainnya
- Paragraf deskripsi menjelaskan ciri-ciri suatu objek dengan jelas dan detail seperti warna, ukuran dan yang lainnya
- Di dalam paragraf deskripsi banyak ditemukan frasa dan kata-kata yang memiliki makna keadaan atau kata sifat

3. Pengembangan Paragraf Deskripsi

Dalam perkembangannya, ternyata paragraf deskripsi bisa dibagi ke dalam beberapa macam paragraf. Setidaknya ada tiga macam paragraf deskripsi yang memiliki penjelasan pengertian yang berbeda-beda. Simak di bawah ini untuk lebih jelasnya.

- Paragraf Deskripsi Spatial

Pengertian paragraf deskripsi spatial ini adalah sebuah paragraf deskripsi yang memberikan gambaran pada sebuah objek yang berupa ruang atau tempat. Ada banyak objek berupa ruang atau tempat yang bisa dideskripsikan untuk menjelaskan keadaan senyata-nyatanya kepada para pembaca.

- Paragraf Deskripsi Subjektif

Pengertian paragraf deskripsi subjektif adalah sebuah paragraf deskripsi yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek tertentu. Penggambaran suatu objek ini didasarkan kepada tafsiran atau kesan perasaan dari penulisnya. Dalam menggambarkan sebuah objek ini, penulis menggunakan opini berdasarkan kesan pribadinya sendiri, biasanya data dan fakta yang ditampilkan sangat tidak mendukung.

- Paragraf Deskripsi Objektif

Berlawanan dengan paragraf deskripsi subyektif, pengertian paragraf deskripsi objektif ini adalah sebuah paragraf deskripsi yang menggambarkan objek tertentu secara apa adanya sesuai dengan data dan fakta yang ada. Tujuannya sangat jelas yaitu agar para pembaca mendapatkan informasi sedetail mungkin terkait objek yang sedang disampaikan. Paragraf deskripsi objektif ini tidak ada opini atau kesan dari penulis sama sekali.

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi

Nah, itulah pengertian paragraf deskripsi serta ciri-ciri paragraf deskripsi yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua. Dari sini kami harap kalian bisa memahami den mengerti bahwa ternyata di dalam paragraf deskripsi itu ada pengembangan dan pembagiannya yang lebih detail. Untuk contoh paragraf deskripsi insyaalloh akan kami sampaikan di lain waktu dan kesempatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri-ciri dan Pengembanganya