Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Kamis, 15 Desember 2016

6 Contoh Artikel Pendidikan Pendek, Singkat dan Sederhana

6 Contoh Artikel Pendidikan Pendek, Singkat dan Sederhana - Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pendidikan, tentu sangat memerlukan keberadaan artikel pendidikan. Apalagi jika Anda adalah seorang yang ikut masuk di dalam dunia pendidikan secara langsung, seperti guru, dosen, mahasiswa atau siapapun, pasti akan terus memantau keberadaan artikel pendidikan. Artikel pendidikan sendiri setiap waktu pasti akan mengalami perkembangan dan pengembangan sesuai dengan situasi dan kondisi terkini.

Contoh Artikel Pendidikan
Contoh Artikel Pendidikan 
Jenis artikel pendidikan sendiri juga pasti sangat banyak sekali. Karena bagaimanapun juga jenis artikel pendidikan ini secara sederhana dan singkat akan sangat banyak sekali. Jika Anda masih belum jelas mengenai macam-macam contoh artikel pendidikan, di bawah ini akan kami sampaikan contoh artikel pendidikan yang singkat dan sederhana. Tujuannya adah tentu saja untuk mempermudah Anda semua jika membutuhkan berbagai macam artikel pendidikan terbaru, perhatikan di bawah ini.

Contoh Artikel Pendidikan


1. Contoh Artikel Pendidikan Karakter

Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini

Kedudukan karakter dalam perjalanan setiap manusia sangat penting sekali. Bahkan pembentukan karakter sejak dini akan sangat menentukan bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya. Siapapun dia, apapun profesinya, ketika memiliki karakter positif, tentu akan lebih baik dari pada yang tidak memiliki karakter. Maka dari itu, penanaman karakter positif ini sangat diperlukan sejak dini agar bisa menjadi modal mereka dalam mengarungi perjalanan hidup yang sangat berat.

Karakter yang kuat, berani dan tidak mudah menyerah akan sangat membantu siapapun dalam menjalani hidup. Karakter positif selalu bisa diterapkan dalam berbagai profesi, baik seorang pebisnis, pendidik, atau profesi lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa yang sering menjadi masalah bangsa Indonesia ini adalah banyaknya manusia Indonesia yang tidak memiliki karakter positif sehingga dimanapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah.

2. Contoh Artikel Pendidikan Motovasi Hidup

Jangan Mudah Menyerah

Siapapun Anda, apapun profesi Anda, Anda harus memperhatikan sifat jangan mudah menyerah. Karena harus Anda sadari bahwa dalam setiap perjalanan hidup, pasti kita akan dihadapakan dengan berbagai masalah, yang kadang-kadang memang sangat berat. Namun, yakinlah bahwa di dalam sebuah masalah yang berat tersebut pasti ada hikmah yang kadang kita tidak akan mengerti sebelum kita menghadapi masalah tersebut. Maka dari itu, hadapi masalah tersebut dengan lapang dan penuh semangat, jangan menjadi orang yang mudah menyerah.

Jangan menjadi orang yang manja seperti anak kecil. Contoh sederhana adalah ketika Anda menjadi seorang pedagang dan mendapati barang dagangan Anda tidak laku dijual dalam beberpaa hari lalu kemudian Anda memutuskan berhenti menjadi pedagang begitu saja. Itu adalah contoh sikap mudah menyerah, akan lebih baik jika Anda mengevaluasi terlebih dahulu, apa yang kurang dari dagangan Anda, atau ada cara yang mungkin salah dalam strategi, dan lain-lain.

3. Contoh Artikel Pendidikan Keberagaman

Indonesia Terdiri Dari Berbagai Suku

Negara kita Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seantero negeri. Dengan kondisi gegrafis ang begitu luas, maka tak heran jika Indonesia memliki beragam suku dan budaya. Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada suku Jawa, Madura, Betawi, Batak dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Untuk itulah, kita sebagai warga negara Indonesia, harus menghormasti setiap suku yang ada di nusantara. Karena bisa jadi setiap suku memiliki kebudayaan yang berebda dengan budaya suku kita, atau bahkan bertentangan dengan adat budaya kita. Namun kita harus menyadari bahwa itulah kekayaan sesungguhnya dari bangsa kita Indonesia. Kita tidak boleh mencela adat suku lain hanya karena berebeda dengan budaya kita.

4. Contoh Artikel Pendidikan Agama Islam

Bulan Ramadhan Penuh Berkah

Di dalam agama Islam kita mengenal adanya bulan Ramadlan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial bagi umat Islam. Karena di dalam bulan Ramadlan kita sebagai umat Islam bisa beribadah dengan lebih intens. Selain itu, Allah juga menurunkan berkah yang luar biasa di dalam bulan Ramadlan. Bagi kita, di bulan Ramadlan disunahkan untuk mengikuti sholat tarawih setiap malam sehabis Sholat Isya'. Kemudian biasanya akan dilanjutkan dengan membaca Al Qur'an, karena memang dibulan Ramadlan kita disuruh untuk memperbanyak membaca Al Qur'an.

Selain ibadah sunnah, di bulan Ramadlan kita juga diwajibkan untuk beruasa sebulan penuh. Dalam menjalankan puasa ini, bisa berjmlah 30 hari, bisa juga 29 hari atau juga bisa 31 hari, tergantung genap nya satu bulan. Maka dari itu, kita sebaiknya jangan menyia-nyiakan keberadaan bulan Ramadlan. Karena belum tentu kita bisa menjumpai bulan Ramadlan di tahun yang akan datang.

Artikel lain :

5. Contoh Artikel Pendidikan Budi Pekerti

Kita Harus Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Sebagai seorang yang hidup di Indonesia, kita pasti paham adat ketimuran atau lebih tepatnya keIndonesiaan. Bukan saja adat ke Indonesiaan, leboh tinggi lagi, dalam ajaran setiap agama tentu seorang yang lebih muda harus menghormati yang lebi tua. Maka dari itu, siapapun orang yang Anda kenal, Anda temui, yang berusia lebih tua dari Anda, maka Anda harus menghormatinya. Apalagi jika itu adalah orang tua Anda sendiri, maka Anda harus menghormatinya baik dalam tingkah laku, maupun dalam bertutur kata.

Karena bagaimanapun juga orang yang lebih tua pasti lebih berpengalaman dari kita yang lebih muda. Dan barangkali ada beberapa pola pikir dan pendapat yang mungkin berbeda dengan kita yang muda, maka kita tetap harus menghormatinya. Kita harus bisa menyampaikan pendapat kita yang berebda dengan cara yang sopan dan santun penuh dengan tata krama.

6. Contoh Artikel Pendidikan Sosial

Indonesia Negara Maritim

Sebagai seorang yang hidup di negara Indonesia, kita setidaknya mengerti tentang Indonesia meski hanya sedikit. Indonesia adalah negara dengan luas laut yang sangat luar biasa. Bahkan Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki laut terluas di dunia. Maka tak heran jika Indonesia disebut juga sebagai negara maritim karena memang pada faktanya Indonesia memiliki luas lautan yang sangat luar biasa.

Sebagai negara maritim, tentu di Indonesia banyak warga negara atau rakyatnya yang menggantungkan hidup dari hasi laut. Ada yang mengandalkan profesi sebagai nelayan, dan tak sedikit juga orang yang menjadi pedagang dan menjual hasil lautnya. Kita sepatutnya bangga dengan kondisi alam dan kekayaan Indonesia, karena dengan kekayaan sumber daya alam yang begitu melimpah, tentu Indonesia seharusnya menjadi negara yang disegani di dunia.

Nah kawan-kawan, itulah 6 contoh artikel pendidikan singkat dan sederhana yang bisa kami bagikan untuk Anda semua. Perlu Anda pahami bahwa artikel pendidikan di atas sifatnya adalah hanya sebuah contoh sederhana. Anda bisa mengembangkannya secara lebih luas dan lebih dalam lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Contoh Artikel Pendidikan Pendek, Singkat dan Sederhana