Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Senin, 12 Desember 2016

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur dan Ciri Kaidah Kebahasaannya

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur dan Ciri Kaidah Kebahasaannya - Bagi kalian yang duduk di bangku kelas X tentu akan mempelajari pengertian teks observasi. Karena pengertian teks observasi adalah salah satu materi Bahasa Indonesia kelas X. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan sampaikan sedikit penjelasan ringkas mengenai pengertian teks laporan observasi dan ciri-ciri kaidah kebahasaannya.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi
Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Tentu sebenarnya bukan hanya ada teks laporan hasil observasi yang harus dipelajari, karena memang masih ada beberapa jenis teks yang lainnya. Namun kali ini kita akan lebih detail membahas pengertian teks laporan hasil observasi. Pengertian teks laporan hasil observasi adalah suatu teks laporan yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu didasarkan pada kriteria tertentu. Teks laporan hasil observasi ini biasanya bersifat global atau universal. Pengertian teks laporan hasil observasi ini biasanya lebih cenderung kepada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis yang sesuai dengan ciri setiap jenis pada umumya.
Baca juga :

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pada setiap jenis teks, tentu memiliki struktur untuk membangun teks tersebut yang tidak sama antara jenis teks satu dengan jenis teks lainnya. Demikian halnya dengan jenis teks laporan hasil observasi, juga memiliki struktur teks sendiri dengan ciri bangunan teks yang berbeda dengan bangunan teks yang lainnya. Struktur teks observasi sendiri adalah bagian-bagian yang membanguns sebuah teks laporan hasil observasi.

Struktur teks laporan hasil observasi sendiri secara umum bisa dibedakan menjadi dua struktur yaitu :

1. Pernyataan Umum (klasifikasi)

Pernyataan umum adalah merupakan semacam pembuka atau sebuah pengantar tentang sesuatu yang akan dilaporkan. Di dalam pembukaan ini biasanya akan dijelaskan dan disampaikan bahwa benda-benda yang ada di dunia ini dapat dibedakan atau diklasifikasikan didasarkan pada kriteria persamaan dan perbedaan dari benda itu sendiri.

2. Aspek Atau Anggota Yang Dilaporkan

Aspek yang dilaporkan adalah suatu bahasan atau rincian yang tentunya membahas benda atau objek yang sedang diamati tersebut.

Pada teks laporan hasil observasi ini, sebenarnya bukan hanya ada dua struktur umum di atas. Ada beberapa struktur lain yang akan membantu kalian untuk lebih memahami apa itu pengertian teks laporan hasil observasi seperti di bawah ini.

Definisi Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas didam teks.
Definisi Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
Definisi Manfaat, bagian yang menjelaskan manfaat dari objek yang dilaporkan
Penutup, adalah bagian rincian akhir dari teks.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk bisa disebut sebagai teks laporan hasil observasi, suatu jenis teks paling tidak harus memiliki tiga ciri utama. Ciri utama dari teks laporan hasil observasi tersebut adalah :

Suatu teks observasi biasanya memiliki sifat yang umum (global dan universal).
Teks observasi biasanya lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis sesuai dengan ciri setiap jenis pada umumnya.
Teks Observasi biasanya selalu terkait dan berhubungan berjenjang antara sebuah kelas dan subkelas yang ada didalamnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk lebih memudahkan dalam memahami pengertian teks laporan hasil observasi, maka kita juga harus memahami ciri-ciri kebahasaan atau kaidah kebahasaan dari teks laporan hasil observasi itu sendiri. Dalam kaidah kebahasaan, ciri teks laporan hasil observasi ini biasanya mencakup atau mengandung frasa, konjungsi, verba, nomina, kalimat kompleks dan simplek, dan masih banyak yang lainnya. Untuk lebih memahaminya, perhatikan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi di bawah ini.
  • Menggunakan konjungsi; dan,tetapi.
  • Mengandung kata kerja (verba).
  • Mengandung kalimat simpleks ( kalimat yang terdiri dari satu verba).
  • Menggunakan kalimat kompleks (kalimat yang terdiri dari dua atau lebih verba).
  • Mengandung kata benda (nomina).
  • Menggunakan Persamaan kata (sinonim).
  • Mengandung lawan kata (antonim).
  • Menggunakan frasa (kelompok kata).
  • Menggunakan berbagai istilah.
Artikel lain :
Nah, teman-teman, itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur dan Ciri Kaidah Kebahasaan yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi terkait pengertian Teks laporan hasil observasi di atas bisa menambah pengetahuan kita semua. Ada kurang lebihnya mohon maaf, dan sekira ada kesalahan atau kkurang tepat informasi yang kami sampaikan, kami mohon para pembaca sekalian bersedia memberikan koreksi melalui kotak komentar yang sudah kami sediakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur dan Ciri Kaidah Kebahasaannya