Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Senin, 02 Januari 2017

Beberapa Contoh Teks Eksplanasi Singkat Dan Sederhana

Beberapa Contoh Teks Eksplanasi Singkat Dan Sederhana - Setelah beberapa waktu yang lalu kami sampaikan definisi dan pengertian teks eksplanasi kepada kalian, maka pembahasan selanjutnya adalah beberapa contoh teks eksplanasi untuk kalian. Memahami beberapa contoh teks eksplanasi tentu akan memudahkan kalian dalam menyusun teks eksplanasi yang sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaan yang telah kami sampaikan. Untuk memudahkan kalian dalam menyusun teks eksplanasi, sengaja kami sajikan contoh teks eksplanasi singkat dan sederhana.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat
Contoh Teks Eksplanasi Singkat
Untuk contoh teks eksplanasi yang lebih detail dan pembahasannya lebih luas, maka kalian sendiri tentu sudah bisa membuatnya dengan syarat sudah memahami apa itu pengertian teks eksplanasi. Tidak usah berpanjang lebar, untuk cotntoh teks eksplanasi singkat bisa kalian baca seperti yang ada di bawah ini.

Beberapa Contoh Teks Eksplanasi


Contoh Teks Eksplanasi "Pelangi"

1. Pernyataan Umum

Pelangi adalah sebuah kejadian alam yang sangat indah dan bisa menjadi sebuah wisata alam yang sangat eksotis. Pelangi sendiri merupakan suatu busur speltrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelngi juga bisa dilihat di sekitaran air terjun, karena biasanya di seputar air terjun akan terpercik butiran-butiran air yang bisa menjadi pelangi.

2. Urutan Sebab Akibat

Pelangi ini, disebabkan oleh adanya cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Pelangi sendiri tidak akan bisa dilihat atau tampak pada saat malam hari atau ketika cuaca mendung yang gelap. Hal ini karena pelangi adalah hasil pembiasan cahaya sehingga ketika tidak ada cahaya atau minim cahaya, maka pelangi tidak bisa kita lihat.

3. Interpretasi

Pelangi bisa dilihat atau bisa muncul adalah ketika terjadi hujan yang bersamaan dengan adanya sinar matahari yang berada pada sisi yang berlawanan dari pengamat. Maka dari itu, meski ketika sedang turun hujan, kita tidak bisa secara otomatis melihat pelangi jika tidak ada sinar yang muncul. Namun demikian, kita masih bisa menyaksikan pelangi meski tidak sedang turun hujan, misalnya ketika kita berada di dekat air terjun.

Baca juga : Pengertian Teks Cerita Sejarah

Contoh Teks Eksplanasi "Gempa Bumi"

1. Pernyataan Umum

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang kerap melanda negara kita Indonesia. Gempa bumi sendiri merupakan guncangan atau getaran yang terjadi karena adanya pergeseran lapisan batu pada bumi yang asalnya dari dasar permukaan bumi. Pada umumnya, bencana alam gempa bumi ini sering terjadi pada suatu daerah yang dekat dengan gunung berapi.

2. Urutan Sebab Akibat

Peristiwa gempa bumi ini pada umumnya bisa disebabkan karena terjadinya pergeseran lapisan dasar bumi dan juga karena letusan gunung berapi. Getaran gempa bumi ini biasanya akan menyebar ke segala arah yang kemudian bisa mengakibatkan kerusakan parah pada daerah sekitar pusat gempa bumi. Sedangkan untuk gempa bumi vulkanik, disebabkan oleh terjadinya letusan gunung berapi yang sangat besar.

3. Interpretasi

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang bisa terjadi kapan saja, dan sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa meramalkan dengan tepat kapan gempa bumi akan terjadi. Namun demikian, pemetaan daerah gempa bumi sudah bisa dilakukan dengan melihat letak geografis suatu daerah. Karena gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah tertentu seperti pada perbatasan plat Pacifik. Daerah seperti ini lazim disebut sebagai daerah lingkaran api karena banyaknya gunung berapi yang ada.

Artikel lain : Pengertian Dan Definisi Teks Ulasan 


Nah, itulah contoh-contoh teks eksplanasi sederhana yang bisa kami sampaikan kepada kalian. Semoga contoh teks eksplanasi di atas bisa menambah pengetahuan dan pemahaman kalian terhadap pengertian teks eksplanasi sendiri. Yang kemudian pada akhirnya akan memudahkan kalian dalam kegiatan belajar kalian terutama pada materi kelas bahasa Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Contoh Teks Eksplanasi Singkat Dan Sederhana