Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Senin, 02 Januari 2017

Pengertian Paragraf Dan Ciri-ciri Paragraf

Pengertian Paragraf Dan Ciri-ciri Paragraf - Bagi seorang pelajar atau siapapun yang berkecimpung di dunia pendidikan, tentu akrab dengan paragraf. Paragraf ini tentu sangat mudah kita temukan dalam berbagai bacaan maupun sebuah cerpen. Selain paragraf memang menjadi salah satu materi kelas untuk siswa siswi tingkat menengah, pangertian paragraf memang perlu kita pahami untuk menunjang pengetahuan kita dalam berbagai karya sastra seperti cerpen.

Pengertian Paragraf Dan Ciri-ciri Paragraf
Pengertian Paragraf Dan Ciri-ciri Paragraf
Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan sedikit kami jabarkan mengenai pengertian paragraf sekaligus juga dengan ciri-ciri paragraf. Paragraf memang sangat signifikan perannya di dalam cerpen ataupun berbagai macam jenis tulisan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan dan penjelasan pengertian paragraf di bawah ini.

1. Pengertian Paragraf

Pengertian paragraf adalah sebuah kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi dan lebih luas bahasannya dari pada kalimat. Atau pengertian paragraf bisa diartikan sebagai bagian dari sebuah karangan yang merupakan gabungan dari beberapa kalimat yang berisikan tentang informasi dari penulis untuk pembaca dengan pikiran utama sebagi pusatnya. Di sini pikiran penjelas berperan sebagai pendukungnya. Sebuah paragraf disusun sebagai rangkaian dari beberapa kalimat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Susunan rangkaian kalimat dari paragraf ini kemudian menghasilkan sebuah informasi untuk para pembaca.

Pengertian paragraf juga bisa diartikan sebagai sebuah penuangan ide dari penulis melalui beberapa kalimat yang saling berkaitan yang memiliki satu tema. Ada beberapa ahli juga yang menyebut bahwa pengertian paragraf juga bisa diartikan sebagai sebuah karangan singkat. Jadi pada dasarnya pengertian paragraf itu bisa beragam namun masih dalam koridor yang sama.

Baca juga :

2. Ciri-ciri Paragraf

Baik, setelah memahami berbagai macam pengertian paragraf, maka pembahasan selanjutnya adalah masuk pada ciri-ciri paragraf. Paragraf memiliki beberapa ciri paragraf yang bisa kita pelajari bersama. Ciri-ciri paragraf adalah seperti yang ada di bawah ini :

- Kalimat pada baris pertama sedikit menjorok ke dalam (berjarak lima ketukan spasi untuk karangan biasa)
- Paragraf memiliki dua jenis kalimat yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas
- Pada umumnya, kalimat utama dalam satu paragraf hanya satu
- Kalimat penjelas dalam paragraf bisa lebih dari satu
- Kalimat utama biasa disebut juga sebagai kalimat pokok atau kalimat topik. Kalimat utama merupakan gambaran umum tentang ide yang ingin disampaikan
- Kalimat penjelas dari paragraf merupakan gambaran rinci dari ide paragraf

Artikel lain : Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen
Nah, itulah sedikit ulasan dari kami mengenai pengertian paragraf dan ciri-ciri paragraf yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga ulasan dan penjelasan mengenai pengertian paragraf dan ciri-ciri paragraf di atas bisa menambah pemahaman kalian mengenai paragraf.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Paragraf Dan Ciri-ciri Paragraf