Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Sabtu, 31 Desember 2016

Definisi dan Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

Definisi dan Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli - Sebagai seorang pelajar, kita tentu sudah sering mengetahui dan mendengar dengan cerpen. Dan bahkan kita pun juga sudah sangat sering sekali membaca berbagai cerpen yang kita temukan. Apalagi seperti pada saat ini, dengan teknologi yang begitu berkembang pesat, tentu arus informasi akan sangat mudah didapat sehingga kita pun juga sangat mudah menemukan cerpen untuk dibaca. Nah, untuk kesempatan kali ini, kita akan secara spesifik membahas mengenai pengertian cerpen, definisi cerpen serta bagian-bagian cerpen yang berfungsi sebagai kerangka bangunan sebuah cerita pendek.

Definisi dan Pengertian Cerpen
Definisi dan Pengertian Cerpen
Pengertian cerpen sendiri sebenarnya bisa berarti sangat beragam. Cerpen yang kepanjangan dari cerita pendek ini memiliki beragam definisi yang masing-masing ahli memiliki pengertian cerpen dan definisi cerpen yang berbeda-beda. Secara umum, pengertian cerpen adalah cerita pendek yang ceritanya kurang dari sepuluh ribu kata atau kurang dari sepuluh halaman. Pada umumnya, cerita pendek ini adalah sebuah cerita yang hanya memberikan kesan tunggal yang demikian yang memusatkan diri pada satu tokoh saja dan hanya satu situasi saja.
Baca juga :
Cerpen juga termasuk salah satu jenis karya sastra yang memaparkan cerita kehidupan manusia lewat tulisan yang pendek. Cerpen bisa juga dikatakan sebagai kisah dari kehidupan satu tokoh dan satu situasi saja. Jadi isi cerita di dalam cerpen hanya membahas dan fokus pada satu bahasan tokoh saja tidak lebih. Ada beberapa pandangan mengenai pengertian cerpen ini, ada beberapa ahli yang memiliki definisi cerpen tersendiri, seperti di bawah ini.

Pengertian Cerpen Menurut Beberapa Ahli

Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerpen dipisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan (Kosasih dkk, 2004:431).

Pengertian Cerpen Menurut Nugroho Notosusanto

Nugroho Notosusanto (dalam Tarigan, 1993:176) mengatakan bahwa cerpen adalah cerita yang panjangnya di sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

Pengertian Cerpen Menurut HB. Jassin

Yang disebut cerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, & penyelesaian.

Pengertian Cerpen Menurut A. Bakar Hamid

Yang disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500 – 20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, & adanya satu kesan.

Pengertian Cerpen Menurut Aoh. KH

Definisi cerpen adalah salah satu ragam fiksi / cerita rekaan yang sering disebut kisahan prosa pendek.

Artikel lain : Contoh Artikel Pendek


Itulah beberapa pengertian cerpen dan definisi cerpen dari beberapa ahli sastra di Indonesia. Semoga sedikit ulasan mengenai pengertian cerpen dan definisi cerpen di atas bisa menambah wawasan dan pemahaman kita tentang pengertian cerpen dan definisi cerpen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Definisi dan Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli