Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Senin, 02 Januari 2017

Jenis-jenis Paragraf dan Fungsi Paragraf

Jenis-jenis Paragraf dan Fungsi Paragraf - Kita lanjutkan pembahasan mengani paragraf, kalau sebelumnya kita membahas pengertian dan definisi paragraf sekaligus ciri-cirinya, maka kali ini akan kamisampaikan pembahasan mengenai jenis-jenis paragraf beserta fungsi paragraf itu sendiri. Mungkin kita sudah sangat sering menjumpai dan membaca sebuah paragraf, namun untuk menjabarkan apa itu pengertian paragraf sedikit kesulitan. Maka dari itu, sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai jenis-jenis paragraf, ada baiknya jika kalian memahami dengan baik terlebih dahulu definisi dan pengertian paragraf itu sendiri.

Jenis-jenis Paragraf dan Fungsi Paragraf
Jenis-jenis Paragraf dan Fungsi Paragraf 
Setelah kalian memahami definisi dan pengertian paragraf, maka ada baiknya jika kalian juga memhami den mengerti ciri-ciri paragraf untuk melengkapi pemahaman kalian. Jika sudah kalian pahami dengan benar, maka selanjutnya kita bisa membahas jenis-jenis paragraf yang ada. Karena ternyata jenis paragraf itu tidak hanya satu saja, melainkan ada beberapa jenis paragraf yang sering menjadi pembahasan di dalam pelajaran bahasa Indonesia. Jenis-jenis paragraf yang ada, dibedakan menjadi dua bagian besar yaitu jenis paragraf ditinjau dari letak kalimat pokoknya dan jenis-jenis paragraf didasarkan pada isinya. Untuk lebih jelasnya mengenai pembagian jenis-jenis paragraf ini, simak urut-urutan di bawah ini.

Jenis-jenis Paragraf


1. Jenis Paragraf Berdasar Letak Kalimat Pokok

- Paragraf Deduktif
- Paragraf Induktif
- Paragraf Campuran
- Paragraf Narasi

2. Jenis Paragraf Berdasar Isi

- Paragraf Narasi
- Paragraf Argumentasi
- Paragraf Deskripsi
- Paragraf Persuasi
- Paragraf Eksposisi

Fungsi Paragraf

Ternyata paragraf juga memiliki fungsi yang sangat signifikan. Adapun fungsi paragraf secara lebih detail dan jelas, simak ulasan yang kami sampaikan seperti di bawah ini :

1. Fungsi Paragraf Untuk Mengekspresikan Gagasan Yang Tertulis

Maksud dari mengekspresikan pada fungsi paragraf ini adalah suatu paragraf bisa memberikan sebuah pikiran dan juga perasaan dalam rangkaian suatu kalimat yang tersusun secara teratur yang membentuk suatu kesatuan yang utuh.

2. Fungsi Paragraf Untuk Menandai Peralihan Gagasan Baru

Dalam sebuah karangan, tentu ada beberapa gagasan yang kadang meski berbeda memiliki keterkaitan abtara satu paragraf dengan yang lainnya. Nah, paragraf juga memiliki fungi sebagai tanda adanya peralhian suatu gagasan atau sebuah ide yang biasanya tersisip di setiap paragraf yang ada. Sehingga tentu saja ketika kita membuat satu paragraf baru, maka selayaknya juga memiliki ide dan gagasan yang baru.

3. Untuk Memudahkan Penulis dan Pembaca

Adanya paragraf dalam sebuah karangan tentu juga akan memudahkan bagi para penulis dan pembaca. Artinya penulis akan mudah menyampaikan gagasannya melalui sebuah paragraf, pembaca juga demikian, akan mudah membaca gagasan yang disampaikan oleh seorang penulis melalui paragraf tersebut.

4. Memudahkan Untuk Mengembangkan Topik

Dengan adanya paragraf, maka akan mudah bagi penulis untuk mengembangkan suatu kerangka dari topik untuk membangun sebuah kesatuan kerangka karangan yang utuh.

5. Memudahkan Pengendalian Variabel

Tentu saja dalam sebuah karangan akan ada banyak variabel yang memerlukan pengendali untuk memudahkan pengarang itu sendiri. Nah, disinalh fungsi paragraf bisa dijalankan yaitu untuk mengendalikan adanya banyak variabel di dalam sebuah karangan.

Artikel lain : Definisi dan Pengertian Cerpen


Nah, itulah penjelasan mengenai jenis-jenis paragraf beserta fungsi paragraf yang bisa kami sampaikan kepada kalian. Untuk penjelasan selanjutnya terkait dengan definisi dan pengertian paragraf, akan kami sampaikan di lain waktu. Semoga penjelasan mengenai jenis-jenis paragraf di atas bisa menambah pemahaman kalian mengenai pembagian jenis paragraf.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis-jenis Paragraf dan Fungsi Paragraf