Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Selasa, 13 Desember 2016

Cara Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Cara Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi - Seperti pada post sebelumnya, kali ini masih akan membahas mengenai teks laporan hasil observasi. Karena tentu saja setelah memahami pengertian teks laporan hasil observasi, maka step selanjutnya adalah bagaimana cara menyusun teks laporan hasil observasi. Langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi tentu berbeda dengan cara menyusun teks lain. Maka dari itu, kita juga harus memperhatikan dengan benar bagaimana cara menyusun teks laporan hasil observasi.

Cara Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi
Cara Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi
Lalu bagaimana cara menyusun teks laporan dan hasil observasi dengan baik dan benar, perhatikan beberapa step di bawah ini.

Cara Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

1. Menentukan Topik Bahasan Teks Laporan Hasil Observasi

Dalam menyusun sebuah teks laporan observasi, atau pada secara umum teks bentuk lain, tentu kita harus menentukan topik bahasan terlebih dahulu. Khusus untuk topik pada teks laporan hasil observasi ini tentu sangat erat kaitannya dengan objek yang akan diobservasi atau diamati. Maka dari itu, topik pada teks laporan observasi harus jelas terlebih dahulu, apakah berupa benda, tempat maupun sebuah peristiwa.

Baca juga : Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

2. Mengumpulkan Bahan Untuk Observasi

Langkah menyusun teks laporan hasil observasi selanjutnya adalah dengan mengumpulkan bahan untuk Anda jadikan sebagai bahan observasi. Artinya, pada bagian ini Anda bisa mengumpulkan berbagai macam informasi yang bisa Anda gunakan sebagai pendukung sebuah observasi. Misalnya, Anda di sini sudah harus menentukan metode atau teknik yang Anda gunakan untuk meneliti. Seperti misalnya, apakah kita akan menggunakan observasi secara langsung, wawancara atau menggunakan angket. Di sini Anda juga bisa mulai merekam, mencatat, ataupun melakukan pemotretan terhadap suatu objek.

3. Menyusun Kerangka Teks Laporan Observasi

Cara menyusun teks laporan observasi selanjutnya adalah dengan menyusun kerangka teks laporan observasi. Berbagai fakta dan berbagai macam data yang sudah Anda kumpulkan, kemudian Anda buat sebuah kerangka kronologi yang runtut. Dalam penyusunan ini, Anda bisa menggunakan polas kronologi dan juga menggunakan pola spasial. Pola kronologi (urutan peristiwa) bisa digunakan apabila objek yang diamati berupa benda, manusia, tempat, atau sejenisnya. Jadi fakta disusun sesuai dengan urutan kejadiannya. Sedangkan pola spasial (urutan ruang), fakta disusun sesuai dengan urutan ruang/tempat

Artikel lain : Artikel Pendidikan Terbaru

4. Mengembangkan Kerangka Teks Laporan Observasi

Setelah mendapatkan kerangka teks laporan observasi, maka Anda sekarang bisa mengembangkannya. Tentu saja harus dikembangkan sesuai dengan fakta dan data yang sudah didapatkan saat observasi atau pengamatan. Nantinya, data yang Anda laporkan bukan saja data aau hasil analisisnya saja. Anda sebaiknya juga melaporkan apa tujuan, metode, instrumen dan atau hal lain yang berhubungan dengan proses penelitian yang sudah dilakukan.

Secara lebih detail, sebenarnya masih ada tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan. Dan jangan lupa, setelah melalui beberapa langkah menyusun teks laporan hasil observasi di atas, Anda kemudian harus menentukan judul dari teks laporan hasil observasi itu sendiri. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan kelengkapan teks laporan hasil observasi di bawah ini.
  • Teks laporan hasil observasi harus mempunyai susunan struktur teks observasi yang jelas.
  • Teks laporan hasil observasi harus urut dan lengkap.
  • Dalam struktur teks laporan hasil observasi harus tidak mempunyai kesimpulan/penutup.
  • Di dalam teks laporan hasil observasi harus tidak ada opini dari penulis.
  • Teks laporan hasil observasi harus menjelaskan sebuah informasi berdasarkan fakta.
Nah kawan, itulah beberapa cara menyusun teks laporan hasil observasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda semua. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi yang baik dan benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi