Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Senin, 11 Januari 2016

Artikel Pendidikan, Pentingnya Pendidikan Moral Pada Kehidupan Manusia

Artikel Pendidikan, Pentingnya Pendidikan Moral Pada Kehidupan Manusia - Sebagai seorang yang aktif dan terjun langsung ke dalam dunia pendidikan, Anda semua kiranya sangat dianjurkan untuk selalu memperbarui informasi terkait pendidikan. Baik pendidikan di formal maupun non formal, baik pendidikan di dalam negeri mapun di luar negeri. Untuk meningkatkan pengetahuan kita sebagai guru, artikel pendidikan adalah media yang sangat bagus digunakan sebagai jembatan pembuka jendela informasi pendidikan. Tak hanya artikel pendidikan dengan bahasa Indonesia saja, namun baik juga jika Anda juga menelaah beberapa artikel pendidikan yang menggunakan bahasa asing.
Artikel Pendidikan
Artikel Pendidikan
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa artikel pendidikan di sini memiliki peran yang teramat penting dalam proses pemikiran seorang guru. Ada banyak sekali contoh artikel pendidikan yang bisa Anda gunakan sebagai penambah informasi guna meningkatkan kwalitas pendidikan baik Anda sendiri maupun secara nasional. Selain memang banyak contoh artikel pendidikan, memang jenis artikel pendidikan ini pun juga sangat beraneka ragam. Disiplin ilmu yang berbeda-beda membuat jenis artikel pendidikan ini ke depan saya kira akan semakin berkembang. Tidak bisa dibatasi memang, artikel pendidikan ini akan semakin berkembang dan kemungkinan juga selalu muncul pemikiran-pemikiran out of the box tentang dunia pendidikan.

Artikel Pendidikan, Pentingnya Pendidikan Moral Pada Kehidupan Manusia

Saat ini, di Indonesia, Pemerintah yang menggulirkan program revolusi mental, akan terkait sangat erat dengan aktivitas pendidikan. Melihat berbagai sudut kehidupan yang sangat buruk, seperti korupsi, tidak ada toleransi, dan lain-lain, maka pendidikan moral sangat penting untuk diterapkan. Bukan hanya berhenti di sekolah saja, namun pendidikan moral hendaknya menjadi sebuah gaya hidup dengan nilai-nilai kemanusiaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Miris lagi adalah ketika kebobrokan moral itu terjadi justru di dalam bidang pendidikan.


Contoh sederhana di sekolah adalah, tuntutan yang begitu besar untuk mendapatkan nilai yang tinggi, membuat siswa baik atas inisiatif sendiri maupun dari guru, mencoba mendapatkan nilai maksimal dengan segala cara. Mencontek, bekerjasama dalam mengerjakan soal, seperti suatu hal yang lumrah terjadi di sekolah. Ini diperparah dengan masyarakat kita yang begitu mendewakan hasil nilai akhir dari pada kejujuran dari siswa itu sendiri. Masyarakat tidak pernah membanggaka siswa yang berlaku jujur dalam mengerjakan ujian, namun mereka justru membanggakan nilai besar yang diperoleh siswa dengan menghalalkan segala cara.

Pendidikan moral sangat penting diterapkan dalam sendi kehidupan. Kenyataan yang ada pada masyarakat seperti di atas, dengan penerapan pendidikan moral sejak dini pada anak,maka lambat laun itu akan bisa segera hilang. Saat ini pun semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa pendidikan itu bukan sekedar bagaimana cara mendapatkan nilai yang bagus. Namun pendidikan adalah sebuah media untuk mencetak manusia yang benar-benar berakal, berbudi luhur dan tentunya berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Di atas adalah contoh artikel pendidikan secara singkat dan sederhana yang terkait dengan pentingnya penerapan pendidikan moral di masyarakat. Secara umum, sebenarnya bukan hanya pendidikan moral saja yang harus diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan keseluruhan, sebenarnya tolok ukur keberhasilan pendidikan adalah kebergunaan output pendidikan itu sendiri di masyarakat. Di bawah ini akan kami sampaiakan artikel pendidikan terkait dengan pentingnya pendidikan bagi kehidupan masyarakat.

Artikel Pendidiakan, Pentingnya Pendidikan Untuk Kehidupan Masyarakat

Bagaimanpun juga, kehidupan masyarakat tidak bisa dipisahkan dari pendidikan. Masyarakat kita tidak akan bisa menjaga stabilitas di segala bidang tanpa adanya pendidikan. Sehingga pendidikan tidak bisa ditinggalkan begitu saja, baik pendidikan formal yang diajarkan di sekolah-sekolah maupun pendidikan non formal yang bisa diperoleh dari berbagai bidang lini kehidupan. Ada banyak bidang pendidikan yang harus disampaikan dengan baik kepada masyarakat. Jika melihat di beberapa media, maka artikel pendidikan banyak yang membahas mengenai berbagai masalah yang tengah melanda dunia pendidikan kita.

Cara yang paling umum untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan kepada masyarakat adalah melalui lembaga pendidikan, seperti sekolah, pondok pesantren dan yang lainnya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperkaya masyarakat dengan berbagai informasi dan isu-isu pendidikan yang ada melalui berbagai artikel pendidikan. Berbagai informasi saat ini sangat mudah sekali di dapatkan, terutama dengan adanya teknologi internet yang semakin agresif merambah masyarakat kita. Kita sebagai pegiat pendidikan tentunya juga sedikit banyak memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan pendidikan di masyarakat.

Dengan kondisi daerah di Indonesia yang bergunung dan masih banyak sekali warga masyarakat yang tinggal di pelosok, ini membuat cara pandang terhadap pendidikan juga berbeda. Dengan wilayah Indonesia yang berpulau-pulau dan sangat luas, masih banyak warga yang menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting. Mereka cenderung memilih untuk bekerja dari pada menempuh pendidikan dengan bersekolah. Harus diakui bahwa pandangan seperti ini masih banyak dan bisa menghambat perkembangan pendidikan ke depan. Di pedesaan dan daerah terpencil, kita sebagai guru harus mampu menyampaikan betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Patut kita sadari juga kenapa mereka cenderung berpikiran seperti itu, bisa jadi karena kurang terfasilitasi dengan informasi pendidikan maupun tidak pernah juga membaca artikel pendidikan yang ada. Maka dari itu sebagai Guru juga harus sadar bahwa posisi kita sangatlah vital dan penting sekali.

Artikel Pendidikan, Jenis dan Ragamnya

Sedikit sudah dibahas di atas mengenai artikel pendidikan, bahwa artikel pendidikan adalah sebuah karya berupa tulisan yang membahas mengenai segala macam hal yang terkait dengan pendidikan. Kali ini akan kami sampaikan sedikit tentang beberapa jenis artikel pendidikan untuk Anda. ada banyak sekali jenis artikel pendidikan, dan karena keterbatasan kami, tidak bisa kami sampaikan secara lengkap dalam satu artikel ini. Insyaalloh akan kami sampaikan secara lengkap jenis artikel pendidikan di lain waktu.

Sedikit untuk memberikan informasi pendidikan kepada Anda, jenis artikel pendidikan misalnya adalah artikel pendidikan moral, artikel pendidikan agama, artikel pendidikan matematika dan masih banyak lagi, itu masih dalam lingkup pendidikan formal. Untuk pendidikan non formal, bahasan dalam artikel pendidikan juga tidak kalah luasnya. Pembagian artikel pendidikan tidak hanya pada pendidikan formal dan non formal saja, lebih luas artikel pendidikan bisa juga dikaitkan dengan bahasan mengenai kebijakan-kebijakan pendidikan oleh pemangku jabatan.

Intinya adalah artikel pendidikan itu sangat luas sekali, tergantung Anda sendiri ingin fokus terhadap bahasan mengena bidang apa. Untuk lebih lengkapnya mengenai jenis artikel pendidikan, ke depan infoguruterbaru akan lebih banyak berbagi mengenai berbagai macam contoh artikel pendidikan untuk Anda semua. Karena kami memandang bahwa betapa pentingnya pendidikan dalam menjalankan perannya sebagai sarana untuk memajukan peradaban masyarakat, dan dalam skala besar tentunya untuk memajukan bangsa dan negara kita Indonesia agar bisa bersaing di kancah internasional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Artikel Pendidikan, Pentingnya Pendidikan Moral Pada Kehidupan Manusia