Info Guru Terbaru merupakan Media Informasi Bagi Guru

Senin, 23 Juli 2018

10 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru

10 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru - Surat lamaran kerja adalah faktor yang sangat penting sekali bagi seorang pelamar kerja. Karena dari surat lamaran kerja ini lah pertama kali penilaian dari perusahaan sudah dimulai. Jadi, jika surat lamaran kerja yang kamu buat asal-asalan, maka jangan heran jika lamaran kerja kamu selalu ditolak oleh perusahaan. Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan dengan detail bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.


Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru

Contoh surat lamaran kerja sendiri sebenarnya sangat banyak sekali dan mudah ditemukan di internet. Kamu bisa langsung search di Google untuk mendapatkan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Karena pekerjaan dan instansi yang dilamar beragam, maka contoh surat lamaran kerja juga sangat banyak sekali.

Nah, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang model nya ada banyak sekali. Ada contoh surat lamaran kerja sesuai EBI, ada contoh surat lamaran kerja tulis tangan dan ada pula contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris. Baik, sebelum lebih lanjut ke contoh surat lamaran kerja, akan sedikit kami sampaikan bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, sedikit tips spesial untuk kamu.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja


Secara garis besar, isi dari surat lamaran kerja baik itu contoh surat lamaran kerja di Bank, contoh surat lamaran kerja di PT maupun contoh surat lamaran kerja PNS, adalah sama. Jika ada perbedaan, itu hanya sedikit saja. Perhatikan di bawah ini untuk langkah-langkah menulis surat lamaran kerja.

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Jangan lupa bagian ini, ini biasanya terletak pada awal surat. Posisi tepatnya adalah di pojok atas bagian kanan. Formatnya adalah, Kota, tanggal bulan, tahun (Trenggalek, 26 Juni 2018).

2. Alamat Tujuan Surat Lamaran Kerja

Berikutnya adalah alamat tujuan surat lamaran kerja. Bagian ini biasanya terletak di bawah tempat dan tanggal surat lamaran kerja. Letaknya di sebelah kiri. Bentuk tulisannya biasanya "Kepada Yth." Setelah kepada yth, di situ bisa ditulis nama orang beserta gelar dan jabatannya. Atau bisa juga ditulis nama perushaan yang dituju. Setelah itu kemudian alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Salam Hormat

4. Kata Pengantar/Kata Pembuka

Di bagian ini kamu perlu teliti, karena kamu harus menyampaikan informasi di mana kamu mendapatkan info mengenai lowongan pekerjaan. Jika misalnya kamu mendapat info dari situs Pekajaman. com, maka sampaikan dan tulis di bagian ini.

Sebutkan juga posisi pekerjaan di perusahaan yang kamu pilih jika di posisi tersebut membutuhkan tenaga karyawan baru.

5. Biodata Pribadi

Kamu harus menyampaikan dengan lengkap biodata pribadi kamu. Mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, Email dan Pendidikan terakhir. Kamu bisa menulis latar belakang pendidikan tertinggi kamu. Contoh lengkapnya silahkan baca disini.

6. Pengalaman Kerja dan Skill

Bagian selanjutnya adalah menyampaikan pengalaman kerja yang pernah kamu lalui. Sebutkan perusahaan atau lembaga yang kamu pernah bekerja di sana. Jika kamu masih fresh graduate, ya tidak usah menyampaikan bagian ini. Kemudian jangan lupa untuk menyampaikan skill, kemampuan dan kelebihan kamu. Bukan untuk menyombongkan diri, namun agar bisa dilihat oleh perusahaan sehingga bisa tepat dalam rekrutmen.

7. Penutup

Pada bagian penutup ini, sampaikan dengan jelas bahwa kamu memiliki keinginan kuat untuk bisa menjadi bagian dalam perushaan tujuan kamu melamar kerja. Dan jangan lupa sampaikan pula terima kasih.

8. Lampiran Surat Lamaran Kerja

Untuk semakin meyakinkan perusahaan tujuan kamu untuk menerima lamaran kamu, maka sertakan juga beberapa lampiran. Lampiran yang bagus untuk surat lamaran kerja adalah :
- Pas Photo terbaru
- Fotokopi KTP
- Daftar Riwayat Hidup
- FC Ijazah terakhir
- FC Sertifikat Kompetensi (Jika ada)

9. Salam Penutup

Bagian terakhir adalah salam penutup. Pada bagian ini biasanya berisi dengan "Hormat saya," kemudian di bawahnya adalah nama lengkap kamu dan tanda tangan kamu.

Itulah beberapa bagian penting yang harus ada jika kamu akan menulis surat lamaran kerja. Selanjutnya, akan kami sampaikan beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja


1. Baca Dengan Benar Lowongan Kerja

Kamu harus membaca dengan benar, tujuannya agar surat lamaran kerja yang kamu buat tidak salah alamat, atau keluar konteks.

2. Gunakan Bahasa Baku

Kamu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah menggunakan bahasa baku sesuai EBI.

3. Singkat, Padat dan Jelas

Jangan mbulet, sampaikan tujuan kamu dengan singkat, padat dan jelas, dan tentunya mudah dipahami.

4. Harus Jelas dan Detail

Kamu harus menulis alamat tujuan, nama perusahaan, dan lainnya dengan jelas dan detail. Jangan sampai terjadi kesalahan mendasar di sini. Misalnya kesalahan menulis alamat perushaan, akan fatal akibatnya.

5. Tulisan Yang Bagus dan Jelas

Kalau kamu menulis dengan tulisan tangan, maka pastikan tulisannya jelas dan bisa dibaca. Jangan sampai kamu menulis surat lamaran kerja dengan tulisan yang bagus dan indah, namun sulit dibaca, kaligrafi misalnya.

6. Menggunakan Huruf Standar

Jika kamu menulis surat lamaran kerja dengan komputer atau laptop, kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word. Gunakan huruf standar, biasanya menggunakan Times New Roman, ukuran font nya adalah 12.

7. Baca Lagi

Setelah selesai membuat surat lamaran kerja, baca kembali dengan teliti. Jangan hanya sekali, teliti dengan membaca berulang-ulang, siapa tauh ada sedikit kesalahan. Atau bisa juga kamu meminta tolong orang lain yang lebih fresh untuk membantu meneliti.

Nah, itulah beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang mudah dan benar beserta tips-tipsnya. Untuk lebih memudahkan kamu dalam membuat surat lamaran kerja, di bawah ini ada beberapa contoh surat lamaran kerja lengkap untuk berbagai macam instansi dan atau perushaan, simak yah, silahkan dibaca di Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru