10 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru - Surat
lamaran kerja adalah faktor yang sangat penting sekali bagi seorang pelamar
kerja. Karena dari surat lamaran kerja ini lah pertama kali penilaian dari
perusahaan sudah dimulai. Jadi, jika surat lamaran kerja yang kamu buat
asal-asalan, maka jangan heran jika lamaran kerja kamu selalu ditolak oleh
perusahaan. Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan dengan detail
bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru |
Contoh surat lamaran kerja sendiri sebenarnya sangat banyak sekali dan mudah ditemukan di internet. Kamu bisa langsung search di Google untuk mendapatkan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Karena pekerjaan dan instansi yang dilamar beragam, maka contoh surat lamaran kerja juga sangat banyak sekali.
Nah, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa contoh
surat lamaran kerja yang model nya ada banyak sekali. Ada contoh surat lamaran
kerja sesuai EBI, ada contoh surat lamaran kerja tulis tangan dan ada pula
contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris. Baik, sebelum lebih lanjut ke contoh
surat lamaran kerja, akan sedikit kami sampaikan bagaimana cara menulis surat
lamaran kerja yang baik dan benar, sedikit tips spesial untuk kamu.
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
Secara garis besar, isi dari surat lamaran kerja baik itu contoh surat
lamaran kerja di Bank, contoh surat lamaran kerja di PT maupun contoh surat
lamaran kerja PNS, adalah sama. Jika ada perbedaan, itu hanya sedikit saja.
Perhatikan di bawah ini untuk langkah-langkah menulis surat lamaran kerja.
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Jangan lupa bagian ini, ini biasanya terletak pada awal surat. Posisi
tepatnya adalah di pojok atas bagian kanan. Formatnya adalah, Kota, tanggal
bulan, tahun (Trenggalek, 26 Juni 2018).
2. Alamat Tujuan Surat Lamaran Kerja
Berikutnya adalah alamat tujuan surat lamaran kerja. Bagian ini
biasanya terletak di bawah tempat dan tanggal surat lamaran kerja. Letaknya di
sebelah kiri. Bentuk tulisannya biasanya "Kepada Yth." Setelah kepada
yth, di situ bisa ditulis nama orang beserta gelar dan jabatannya. Atau bisa
juga ditulis nama perushaan yang dituju. Setelah itu kemudian alamat lengkap
perusahaan yang dituju.
3. Salam Hormat
4. Kata Pengantar/Kata Pembuka
Di bagian ini kamu perlu teliti, karena kamu harus menyampaikan
informasi di mana kamu mendapatkan info mengenai lowongan pekerjaan. Jika
misalnya kamu mendapat info dari situs Pekajaman. com, maka sampaikan dan tulis
di bagian ini.
Sebutkan juga posisi pekerjaan di perusahaan yang kamu pilih jika di
posisi tersebut membutuhkan tenaga karyawan baru.
5. Biodata Pribadi
Kamu harus menyampaikan dengan lengkap biodata pribadi kamu. Mulai
dari nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, Email dan Pendidikan terakhir.
Kamu bisa menulis latar belakang pendidikan tertinggi kamu. Contoh lengkapnya silahkan baca disini.
6. Pengalaman Kerja dan Skill
Bagian selanjutnya adalah menyampaikan pengalaman kerja yang pernah
kamu lalui. Sebutkan perusahaan atau lembaga yang kamu pernah bekerja di sana.
Jika kamu masih fresh graduate, ya tidak usah menyampaikan bagian ini. Kemudian
jangan lupa untuk menyampaikan skill, kemampuan dan kelebihan kamu. Bukan untuk
menyombongkan diri, namun agar bisa dilihat oleh perusahaan sehingga bisa tepat
dalam rekrutmen.
7. Penutup
Pada bagian penutup ini, sampaikan dengan jelas bahwa kamu memiliki
keinginan kuat untuk bisa menjadi bagian dalam perushaan tujuan kamu melamar
kerja. Dan jangan lupa sampaikan pula terima kasih.
8. Lampiran Surat Lamaran Kerja
Untuk semakin meyakinkan perusahaan tujuan kamu untuk menerima lamaran
kamu, maka sertakan juga beberapa lampiran. Lampiran yang bagus untuk surat
lamaran kerja adalah :
- Pas Photo terbaru
- Fotokopi KTP
- Daftar Riwayat Hidup
- FC Ijazah terakhir
- FC Sertifikat Kompetensi (Jika ada)
9. Salam Penutup
Bagian terakhir adalah salam penutup. Pada bagian ini biasanya berisi
dengan "Hormat saya," kemudian di bawahnya adalah nama lengkap kamu
dan tanda tangan kamu.
Itulah beberapa bagian penting yang harus ada jika kamu akan menulis
surat lamaran kerja. Selanjutnya, akan kami sampaikan beberapa tips dalam
menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja
1. Baca Dengan Benar Lowongan Kerja
Kamu harus membaca dengan benar, tujuannya agar surat lamaran kerja
yang kamu buat tidak salah alamat, atau keluar konteks.
2. Gunakan Bahasa Baku
Kamu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa
Indonesia yang baik dan benar adalah menggunakan bahasa baku sesuai EBI.
3. Singkat, Padat dan Jelas
Jangan mbulet, sampaikan tujuan kamu dengan singkat, padat dan jelas,
dan tentunya mudah dipahami.
4. Harus Jelas dan Detail
Kamu harus menulis alamat tujuan, nama perusahaan, dan lainnya dengan
jelas dan detail. Jangan sampai terjadi kesalahan mendasar di sini. Misalnya
kesalahan menulis alamat perushaan, akan fatal akibatnya.
5. Tulisan Yang Bagus dan Jelas
Kalau kamu menulis dengan tulisan tangan, maka pastikan tulisannya
jelas dan bisa dibaca. Jangan sampai kamu menulis surat lamaran kerja dengan
tulisan yang bagus dan indah, namun sulit dibaca, kaligrafi misalnya.
6. Menggunakan Huruf Standar
Jika kamu menulis surat lamaran kerja dengan komputer atau laptop,
kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word. Gunakan huruf standar, biasanya
menggunakan Times New Roman, ukuran font nya adalah 12.
7. Baca Lagi
Setelah selesai membuat surat lamaran kerja, baca kembali dengan
teliti. Jangan hanya sekali, teliti dengan membaca berulang-ulang, siapa tauh
ada sedikit kesalahan. Atau bisa juga kamu meminta tolong orang lain yang lebih
fresh untuk membantu meneliti.
Nah, itulah beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang mudah dan
benar beserta tips-tipsnya. Untuk lebih memudahkan kamu dalam membuat surat
lamaran kerja, di bawah ini ada beberapa contoh surat lamaran kerja lengkap
untuk berbagai macam instansi dan atau perushaan, simak yah, silahkan dibaca di Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru.